5 KRITERIA MENDESAIN LOGO YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENDESAIN LOGO PERUSAHAAN
Pertama, ageless style.
Ketika mendesain logo, janganlah terpaku pada sesuatu yang keren. Buatlah sebuah logo klasik yang bisa tumbuh dengan perusahaan, yang bisa dipertahankan untuk waktu yang lama. Sekali terpampang di kartu nama atau papan nama, kita tidak bisa tiba-tiba seenaknya mengganti logo tersebut lantaran bosan dengannya atau karena semua orang memakai style yang sama. Klien dan konsumen mencari bisnis yang berumur panjang dan image yang stabil.
Baca Juga Artikel : Jenis Jenis Keahlian di Bidang Desain Grafis
Kriteria Mendesain Logo |
Kedua, distinctiveness.
Cobalah menemukan sesuatu yang unik agar logo anda tampak menonjol. Ini bisa di dukung oleh suatu tagline yang tidak biasa untuk membedakan diri dengan kerumunan. Nike adalah logo yang sangat sederhana tapi sangat menonjol dengan tagline "just do it". Tiap kali orang yg melihat logo itu, mereka ingat "just do it". Beberapa waktu kemudian tanpa perlu melihat tagline lagi, hanya dengan melihat logo, orang otomatis berpikir "just do it". Inilah konsep yang disebut imagery transfer.
Baca Juga Artikel :10 Tips Kerning Untuk Meningkatkan Kemampuan Tifografi
Cobalah membuat design yang menarik di lihat mata. Beberapa warna tertentu membangkitkan minat konsumen, sementara yang lain menimbulkan emosi lain yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, warna merah dianjurkan untuk membuat orang merasa bersemangat atau marah, orange dikatakan untuk mewakili sesuatu yang murah, biru melambangkan kejujuran dan integritas, sementara warna netral mewakili stabilitas. Namun, agar tidak banyak membuang waktu, masalah warna ini sebaiknya ditentukan paling akhir, yaitu setelah desainnya disetujui. Juga pastikan logo tersebut secara konsisten menyampaikan pesan sama baik lewat kartu nama, papan nama, website dan iklan.
Baca Juga Artikel : Bekomunikasi Menggunakan Tanda visual
Kriteria Mendesain Logo |
Keempat, convery the right image.
Dalam hal ini diajukan pertanyaan: Apakah logo anda di bicarakan dengan akurat? Apakah ia menyatakan gaya perusahaan anda? sebaiknya jangan memilih tampilan yang liar dan gila, hanya karena ingin tampil beda, kecuali itu memang sangat cocok dengan gaya bisnis anda.
Baca Juga Artikel : Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Kriteria Mendesain Logo |
Kelima, legibility.
Tanpa memandang gaya dan warna, pastikan bahwa logo tersebut mudah dibaca dan typo-free. Perlu diingat kita memakai logo bukan secara pribadi, tapi secara publik. Fungsi logo adalah membungkus identitas dan kepribadian perusahaan, sehingga dengan melihatnya saja orang tahu persis apa arti perusahaan itu bagi mereka.***
Baca Juga Artikel : Gaji Desainer Grafis