-->

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo

Logo yang sukses biasanya sederhana dan mudah diingat.
Tentu saja menciptakan logo yang sukses adalah proses yang sulit dan melibatkan serangkaian tahapan dari meneliti hingga finalisasi. Tidak ada aturan yang baku untuk membuat logo, tetapi jika seseorang mengikuti proses yang sistematis atau telah menciptakan gaya sendiri, itu akan membuat pekerjaan menjadi mudah. Inilah metode desain logo yang biasanya saya gunakan. Anda bisa mengikuti Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo yang saya bahas atau membuatnya alur skema sendiri.


Langkah 1: - Dapatkan Deskripsi detail dari klien, temukan kebutuhan klien & memahaminya.

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo

Setiap klien pasti memberikan materi singkat sesuai keinginannya, tetapi seorang desainer perlu mendapatkan jumlah informasi yang tepat dan memiliki gagasan yang jelas tentang kebutuhan klien. Juga harus selalu diingat bahwa "pelanggan selalu benar" walaupun mereka bukan seorang yang mengerti tentang seluk beluk desain.

• Dengarkan setiap kata (kata kunci) klien dan ingat hal-hal yang mereka suka lihat di logo.  
  Catat dan coba masukkan ke dalam elemen logo.

Dalam pengalaman pribadi saya, saya harus membuat ulang banyak logo dengan tidak memperhatikan atau meletakkan elemen - elemen yang diminta klien, karena saya pikir itu akan membuat logo menjadi kurang bagus atau jelek.
Ya, itu bisa berubah menajdi jelek, tetapi menganggapnya sebagai tantangan dan menyajikannya secara kreatif, bisa membuat dan mengarah pada di acc nya sebuah logo


• Jika perusahaan sudah memiliki warna korporat, Anda dapat bermain-main dengan warna-warna itu, Anda harus menanyakan warna favorit atau warna keberuntungan klien. Jika klien ingin Anda memilih warna, pilihlah dengan bijak sesuai dengan jenis dan target audiens perusahaan. Anda dapat menemukan banyak artikel tentang definisi dan filosofi warna.

• Tanyakan kepada mereka tentang pesaing perusahaan mereka atau perusahaan lain yang sejenis.

• Tanyakan kepada klien jenis logo apa yang mempesona mereka? Logo perusahaan mana yang menjadi favorit mereka?

Dengan semua pertanyaan ini, jika klien tidak kesal, tanyakan kepada mereka jenis logo apa yang mereka inginkan? Misalnya: Tekstual atau tipografi, hanya simbol atau representasi lambang atau juga keduanya. 
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat mempersempit proses pembuatan logo
Aturan ini tidak berfungsi pada beberapa klien, Saya menemukan beberapa klien saya jengkel dengan pertanyaan-pertanyaan ini. Karena klien cenderung berpikir bahwa kita adalah desainer psikis atau seorang pesulap dan akan mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa harus banyak memberikan data.

Kita harus berhenti bertanya kepada klien-klien itu dan mulai bekerja memberi mereka opsi logo untuk hampir semua jenis. Dan setelah beberapa tahap, Anda akan secara otomatis mengetahui minat klien.

Langkah 2: - Penelitian, Eksplorasi & Inspirasi

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo

Mendapatkan brief yang jelas dari klien adalah seperti 25% dari pekerjaan yang dilakukan. Setelah brief, pahami target pasar dan tujuan perusahaan. Anda harus meneliti tentang perusahaan dan pesaing / perusahaan sejenisnya. Lihatlah logo mereka tapi jangan menirunya, Jika Anda seorang perancang yang mudah berimajinasi, saya sarankan untuk tidak terinspirasi atau melihat referensi apa pun sampai Anda menyelesaikan Langkah 3.

Baca Juga Artikel :5 Kriteria Memasak Logo

Langkah 3: - Memetakan pikiran di atas kertas atau membuat sketsa

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo

(Bagian favorit saya)
Saya selalu membuat sketsa desain saya diatas kertas,  entah itu logo, situs web atau iklan sebelum di eksekusi digital. Membuat sketsa lebih cepat dan mudah daripada mencoret-coret di Corel Draw atau Adobe Illustrator. Anda dapat menghapus, tumpang tindih, mencampur dan mencocokkannya di sini.

Baca Juga Artikel :Gaji Desainer Grafis

Buat sketsa bentuk dasar dan ide yang muncul terlebih dahulu ketika Anda membuat nama perusahaan atau kata kunci klien. Gambarkan setidaknya 10 - 20 konsep dan cobalah untuk menaburkan variasi logo. Semakin Anda menyelesaikan masalah dalam proses ini, akan semakin mudah dan tidak menjadi bingung kedepannya. Perlu diingat Anda bukan bertindak sebagai seorang seniman di sini. Jangan buang waktu untuk menyempurnakan bentuk dalam sketsa ini. Tahap ini hanyalah sketsa ide kasar.

Langkah 4: - Mengolah dalam versi Digital

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo

Ketika sketsa selesai di proses, pilih sketsa yang menurut Anda tepat untuk perusahaan. Saya biasanya menggunakan Corel Draw atau Adobe Illustrator untuk mengolah logo saya. Saya menggunakan aplikasi tersebut untuk mendesain logo dalam format vektor. Sangat disarankan untuk menyiapkan logo atau desain apa pun menggunakan format dan aplikasi vektor. Setelah logonya siap, kirim opsi Anda ke klien, dan feedbacknya.

Baca Juga Artikel :Filosofi Warna

Langkah 5: - Mendapatkan feedback dari klien

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo
Desainer (biasanya freelancer) harus bisa bekerja sama dengan klien. Bersikap ramah, mendengarkan saran, dan menyetujuinya adalah salah satu faktor untuk hubungan bisnis yang sehat. Untuk tahap awal, saya biasanya mengirim 3 hingga 10 opsi logo sesuai dengan kebutuhan dan anggaran klien. Lebih dari 80% klien saya cenderung menyukai salah satu opsi logo pada tahap ini.

Baca Juga Artikel :Dasar Membuat Logo

Ini adalah beberapa kondisi yang dapat Anda hadapi di tahap ini.
Kondisi   1 - Klien menyukai logo secara saat itu juga.
Tindakan 1 - Anda beruntung. Jangan khawatir, segera lakukan eksekusi final.

Kondisi   2 - Klien menyukai salah satu opsi tetapi ingin mengubah warna atau jenis huruf.
Tindakan 2 - Kirim beberapa pilihan logo yang dipilih untuk mengubah warna dan jenis hurufnya. Cobalah untuk mempersempitnya. Lanjutkan ke Langkah 6.

Kondisi   3 - Klien menyukai salah satu opsi tetapi menginginkan lebih banyak variasi dari                         logo tertentu.
Tindakan 3 - Kirim beberapa variasi opsi logo pilihan. Cobalah Kembali pada langkah 1.

Kondisi   4  -  Klien tidak menyukai opsi mana pun.
Tindakan 4 – It’s a Bad Days. Kembali ke Langkah 1 dengan hati-hati dan wawancarai klien Anda lebih lanjut. Ingat bagian KATA KUNCI. Ini sangat menjengkelkan tetapi terkadang sabar adalah senjatanya. Saya menjelajahi lingkungan klien, memata-matai minat klien, pilihan warna, mencari tahu gadget, organisasi, merk kendaraan dan juga mencari bahan cetak seperti brosur, selebaran yang tergeletak di kantor klien. Tetapi jika Anda berurusan dengan klien melalui email atau telepon, ini akan menjadi lebih sulit. Temukan apa pun yang mungkin untuk mempelajari klien Anda dan ulangi semua langkah.

 
Langkah 6: - Mengolah dan membuat perubahan, warna dan tipografi.

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo

Setelah menyelesaikan langkah 5, saya biasanya mengolah /merevisi warna dan mengubah tipografi jika klien tidak puas. Sulit untuk mendefinisikan teori warna di sini, tetapi kebanyakan saya menggunakan warna hitam, abu-abu gelap dan 1-2 warna korporat.
Baca tentang filosofi warna disini jika anda masih belum mendapatkan pencerahan.

Coba berbagai warna menggunakan roda warna atau aplikasi kombinasi warna apa pun. Misalnya: Kuning dan hitam adalah warna kendaraan berat merk CAT. Pilih tipografi yang cocok. Saya menggunakan dafont.com untuk melihat jenis jenis font, karena gratis.. 😉. Setelah selesai dan mendapatkan 2-3 opsi lalu kirimkan lagi kepada klien dan tunggu feedbacknya


Langkah: 7 – Finishing

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo

Ini adalah bagian terpenting dari siklus desain logo. Sebenarnya seorang desainer harus mengingat langkah ini sebagai titik untuk mengingat dan menerapkan pada setiap langkah evolusi logo. 
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diingat.


• Logo untuk konten web atau tujuan pencetakan.
Palet warna harus dipilih di sini. Jika untuk web/situs digital, mode warna RGB sudah cukup baik,  tetapi untuk kebutuhan cetak, CMYK adalah suatu keharusan. Jangan membuat logo dengan menggunakan warna gradasi,. Karena ini akan menyulitkan anda dalam proses cetak. Biasakan memakai 2-4 warna solid, karena pada kenyataannya tidak semua daerah mempunyai teknologi printing yang mumpuni, dan membuat hasil cetak menjadi tampak buruk

• Logo harus dapat disesuaikan dengan dimensi dan media apa pun.
Seorang desainer harus siap untuk situasi apa pun, seperti perusahaan pakaian wol dapat menggunakan logo pada sweater wol dengan menyulamnya. Perusahaan kotak karton dapat menggunakannya pada karton dan perusahaan mobil dapat membuat lambang untuk mobil mereka. Jadi skalabilitas dan visibilitas harus selalu ada di pikiran desainer. Saya biasanya menguji logo dengan mencetaknya pada berbagai ukuran dari kartu nama hingga ukuran A4 penuh dengan 3 jenis latar belakang. Putih, abu-abu dan hitam.

Baca Juga Artikel :DESAIN GRAFIS PADA KEMASAN

Langkah: 8- Menampilkan versi final

Langkah Langkah Pembuatan Desain Logo
Desain Logo

Bagian ini tergantung pada klien dan perusahaannya. Seorang desainer harus menyediakan setiap format file yang mungkin digunakan. Memberikan format file yang diperlukan untuk mendistribusikan logo mereka. Format file yang biasanya saya berikan kepada klien saya adalah:

Baca Juga Artikel :BIDANG KOMUNIKASI GRAFIS

• Format vektor EPS / PDF / CDR / AI dalam mode warna CMYK untuk tujuan pencetakan. 
  Jangan lupa untuk memberikan satu warna atau versi logo yang berwarna Hitam, atau  
  versi 1 warna
• Format JPG / PNG / GIF dalam mode warna RGB untuk keperluan web, email atau  
  dokumen presentasi.
• format ICO jika diperlukan yang dapat digunakan sebagai favicon dan aplikasi.
• Pedoman penggunaan logo

Jika klien anda perusahaan besar seperti organisasi multinasional atau juga departemen resmi seperti departemen pemerintah.
Jika Anda tidak mengerti tentang pedoman penggunaan logo, Anda dapat mencarinya di mbah google untuk dijadikan referensi dengan mengetik kata kunci “pedoman penggunaan logo”


Catatan: Jika Anda mencari desainer logo, Anda dapat menghubungi saya disini atw via Whatsapp: 08176969138
atw mungkin memerlukan sebuah kaos dengan design anda sendiri, bisa mencarinya disini --> https://www.tokopedia.com/animasterz

Selamat mencoba dan berkarya !



























           


LihatTutupKomentar